Profil Lulusan Program Studi
Program Studi mendefinisikan profil lulusan yaitu kemampuan yang akan dicapai oleh mahasiswa sesuai dengan kebutuhan lulusan di dunia pendidikan dasar. Program studi merancanguntuk menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dalam bidang keguruan khususnya pendidikan sekolah dasar yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan menggunakan kaidah-kaidah pengembangan, mampu mengaplikasikan teknologi pembelajaran tertentu dengan tujuan untuk menggali data dan mendapatkan pola data serta melakukan prediksi guna membantu dalam pengambilan keputusan, serta mampu mengimplementasikan ke dalam sebuah pengalaman belajar bagi peserta didik anak sekolah dasar Lulusan juga mampu memanfaatkan pengetahuan di bidang edupreneur yang dimiliki terkait dengan pengembangan pendidikan yang dapat mempelajari nilai nilai kewirausahaan dalam bidang pendidikan dengan tujuan untuk menghasilkan solusi yang dapat diterima secara optimal bagi organisasi.
Kompetensi utama lulusan Program Sarjana S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Tunas Papua mengadopsi dan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Kurikulum berbasis outcome. Berikut deskripsi profil lulusan Program Stugi PGSD STKIP Tunas Papua
- Pengajar di sekolah dasar: Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar menonjol dengan keterampilan akademis, manajemen kelas, dan penguasaan teknologi pendidikan. Mereka memiliki pemahaman mendalam terhadap keanekaragaman siswa, keterlibatan orang tua, dan etika profesional. Dengan kemampuan kolaborasi dan tanggung jawab terhadap kebutuhan khusus, lulusan ini siap menjadi pendidik yang berdaya saing dan berkontribusi positif pada perkembangan holistik siswa di tingkat pendidikan dasar.
- Kepala sekolah: Kepala sekolah mengusung keterampilan kepemimpinan dan manajerial yang tinggi, memadukan pengetahuan mendalam dalam bidang pendidikan, serta kemampuan analitis yang canggih. Mereka mampu merancang dan mengimplementasikan kebijakan sekolah yang inovatif, memimpin proses pembelajaran yang efektif, dan menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif. Dengan kemampuan strategis dan keahlian interpersonal yang kuat, lulusan ini siap untuk memimpin institusi pendidikan menuju keunggulan akademis dan pengembangan karakter
siswa secara holistik. - Pengawas pendidikan dasar: Pengawas pendidikan dasar memiliki keunggulan dalam keterampilan pengawasan dan manajemen pendidikan. Mereka mengintegrasikan pengetahuan mendalam tentang kebijakan pendidikan, evaluasi kinerja guru, dan pemantauan program pembelajaran. Dengan analisis data yang cermat, lulusan ini mampu memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat dasar. Melalui pendekatan yang proaktif dan berorientasi pada hasil, mereka berperan penting dalam memastikan keberlanjutan dan kemajuan sistem
pendidikan dasar. - Fasilitator program pendidikan dasar: Fasilitator pendidikan dasar memimpin dengan kecakapan dalam memfasilitasi proses pembelajaran. Mereka memadukan keterampilan fasilitasi, pengetahuan mendalam tentang kurikulum, dan kemampuan evaluasi untuk mendukung pengembangan guru dan meningkatkan efektivitas program pendidikan. Dengan fokus pada kolaborasi tim dan inovasi pendekatan pembelajaran, lulusan ini menjadi agen perubahan yang memajukan mutu pendidikan dasar.
- Konsultan pendidikan dasar: Konsultan pendidikan dasar unggul dalam memberikan konsultasi edukatif. Mereka mengintegrasikan pengetahuan mendalam tentang teori pendidikan, analisis kebutuhan, dan strategi konseling. Dengan kecakapan analitis dan komunikasi yang efektif, lulusan ini memberikan solusi yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan mendukung perkembangan institusi pendidikan secara holistik.